Modernisasi

A. Pengertian

Modernisasi merupakan proses yang menggambarkan pergeseran suatu kondisi yang kurang maju menjadi maju. Masyarakat lebih mengenal keadaan tradisional yang berubah menjadi maju atau modern. Kondisi modern ini tercipta sebagai upaya masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Wilbert E Moore mendefinisikan modernisasi sebagai suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil. Sementara menurut J W School, modernisasi adalah suatu transformasi, suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya.

B. Syarat

Berdasarkan pendapat dari Soerjono Soekanto modernisasi memiliki syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Cara berpikir yang ilmiah berbasis data yang ada
  2. Sistem administrasi negara yang baik, tepat dan efisien
  3. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
  4. Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
  5. Tingkat organisasi yang tinggi
  6. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.

C. Dampak

a. Positif

Dampak positif modernisasi yang pertama adalah perubahan tata nilai dan sikap. Hal ini dapat dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional. Kedua, Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Ketiga, tingkat Kehidupan yang lebih baik. Diera modern ini masyarakat akan mudah dalam memperbaiki kehidupannya. Dengan adanya komunikasi massa maka komunikasi akan berjalan lancer sehingga memudahkan masyarakat untuk mengembangkan bisnisnya.

b. Negatif

  • Sikap Individualistik

Tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap teknologi menjadikan hubungan masyarakat semakin remggang. Hal ini mencipatakan sikat individualistik dalam masyarakat.

  • Pola Hidup Konsumtif

Penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah sehingga membuat masyarakat semakin konsumtif hal ini disebabkan kerena kemudahan dalam mendapatkan barang dan jasa

  • Kesenjangan Sosial

Modernisasi ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Maka  masyarakat yang mampu mengimbangi perubahan itu akan berada pada garis sejajar perubahan namun bagi mereka yang tidak mampu dan tidak punya akses maka akan jauh tertinggal. Hal ini akan berdampak pada terciptanya kesenjangan masyarakat.

  • Kriminalitas

Sikap individualistik yang meningkat akan menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi sehingga dapat memicu tindak kriminal.  

  • Gaya Hidup Kebarat-baratan

Iptek yang semakin maju menyebabkan terjadinya akulturasi budaya yang cenderung latah. Sehingga banyak budaya asing yang masuk dan berkembang pesat.

Modernisasi juga dikaitkan dengan masyarakat modern dan terkadang disamakan dengan westernisasi. Berikut ini merupakan perbedaan diantara keduanya:

perbedaan modernisasi dan westernisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *